Wanasari Wakili Jembrana Di Ajang Lomba Kadarkum Tingkat Provinsi Bali Tahun 2015

Wanasari Wakili Jembrana Di Ajang Lomba Kadarkum Tingkat Provinsi Bali Tahun 2015 cover

Pada hari Jumat, 29 Mei 2015, telah diselenggarakan Lomba Kadarkum (Keluarga Sadar Hukum) Tingkat Provinsi Bali, bertempat di Kalangan Ayodya, Art Center, Denpasar. Lomba ini dibuka secara resmi oleh Gubernur Bali, yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan Sekda Provinsi Bali, Bapak I Dewa Putu Eka Wijaya Wardana, SH. MH. Peserta dari Lomba Kadarkum Tingkat Provinsi Bali adalah Kelompok Kadarkum dari 8 (delapan) Kabupaten/Kota se-Bali, minus Kabupaten Buleleng.

Ada 5 (lima) Undang-Undang yang menjadi materi lomba, yaitu :

1. UU No. 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak;

2. UU No. 21 Tahun 2007 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang;

3. UU No. 44 Tahun 2008 tentang Pornografi;

4. UU No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika;

5. UU No. 16 Tahun 2011 tentang Bantuan Hukum.

Lomba dibagi menjadi 2 (dua) sesi, dimana masing-masing sesi terdiri dari 3 (tiga) tahapan meliputi tanya jawab antar kelompok, bonus dan rebutan. Selain itu yel-yel juga akan dinilai sebagai nilai tambahan. Dewan juri terdiri dari unsur Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Bali, Polda Bali, Kejaksaan Tinggi Bali dan Fakultas Hukum Universitas Udayana.

Kelompok Kadarkum Desa Wanasari, Kecamatan Melaya, sebagai duta dari Kabupaten Jembrana, mendapat sesi kedua, berhadapan dengan Kabupaten Badung, Kabupaten Gianyar dan Kabupaten Karangasem. Namun rupanya duta Jembrana belum berhasil lolos ke babak final. Yang lolos ke babak final adalah Kabupaten Badung, Kabupaten Gianyar, Kabupaten Klungkung dan Kota Denpasar. dan yang berhasil meraih Juara I adalah Kelompok Kadarkum Kelurahan Pedungan, duta dari Kota Denpasar. Kelompok Kadarkum Desa Wanasari, duta Jembrana, meraih Juara Harapan III, yang mendapat hadiah berupa tropi, piagam dan LED TV 29".

Terlepas dari menang atau kalah dalam Lomba Kadarkum Tingkat Provinsi Bali, hendaknya tidak melupakan tujuan dari diselenggarakannya Lomba Kadarkum, yaitu memberikan motivasi kepada Kelompok Kadarkum di masing-masing Desa/Kelurahan, sehingga secara bertahap pemahaman dan kesadaran hukum dapat ditingkatkan.


Foto-foto

IMG_9141_copy IMG_9136_copy IMG_9134_copy

Diterbitkan oleh Ciciet

author Ciciet

Berita Terkait:

Beri Komentar